Mau Jadi Apa ???

Seorang anak mengeluh pada ayahnya mengenai kehidupannya dan bertanya mengapa hidup ini terasa begitu berat baginya. Ia tidak tau bagaimana menghadapinya dan hampir menyerah, ia sudah lelah berjuang dan sepertinya setiap kali suatu masalah selesai timbul masalah baru.

Ayahnya lalu membawanya kedapur, ia mengisi tiga panci dengan air dan menaruhnya diatas api.Setelah air dalam panci tersebut mendidih ia menaruh WORTEL didalam panci pertama, TELUR  dipanci kedua, dan KOPI dipanci terakhir. Sang ayah membiarkan ketiganya hingga mendidih tanpa bicara sepatah kata pun. Sianak hanya bisa diam dan menunggu dengan tidak sabar sambil memikirkan apa yang sedang dikerjakan oleh ayahnya.

Setelah 20 menit berlalu, sang ayah mematikan api, dan menyisihkan WORTEL, TELUR juga KOPI lalu menaruhnya dimangkuk. Lalu sang Ayah bertanya kepada ayhnya, "Apa yang kau lihat Nak?" WORTEL, TELUR, dan KOPI, jawab sang anak. 

Lalu sang ayah meminta si anak untuk merasakan WORTEL, dan didapati wortel itu terasa lunak, kemudian sang ayah meminta si anak untuk mengambil TELUR dan memecahkannya. Seteleh membuang kulitnya ia dapati TELUR rebus yang mengeras. Terakhir ayahnya meminta anaknya untuk mencicipi KOPI, ia tersenyum ketika mencicipi KOPI dengan aromanya yang khas.

Sang anak bertanya kepada ayah, apa arti dari semua ini wahai ayahku?.

Sang ayah menjelskan kepada anaknya bahwa ketiganya telah menghadapi kesulitan yang sama yaitu perebusan, dan masing-masing menunjukkan reaksi yang berbeda.  

WORTEL yang sebelum direbus kuat, keras dan sukar dipatahkan, tapi setelah direbus menjadi lunak.  

TELUR, sebelumnya mudah pecah, cangkang tipisnya melindungi isinya yang berupa cairan, tetapi setelah direbus isinya menjadi keras. Sedangkan  

BUBUK KOPI mengalami perubahan yang unik, setelah berada di dalam rebusan air. Bubuk kopi merubah air tersebut.

Kamu termasuk yang mana, tanya sang ayah kepada anaknya. Ketika kesulitan mendatangimu bagaimana kamu menghadapinya? Apakah kamu WORTEL, TELUR, ataukah BUBUK KOPI? 

Apakah kamu WORTEL, yang kelihatannya keras tetapi setelah mengalami penderitaan dan kesulitan kamu menyerah, melunak, dan menghilangkan kekuatanmu.

Apakah kamu TELUR, yang awalnya memiliki hati yang lembut dan jiwa yang dinamis, namun setelah didera kesulitan kamu menjadi keras dan kaku.

Ataukah kamu adalah BUBUK KOPI, bubuk kopi mengubah air panas ketika air mencapai suhu terpanas, dan kopi terasa semakin nikmat.

So ....!
Jadilah engkau Bubuk Kopi, ketika keadaan semakin buruk disekitarmu, kau tetap mampu menghadapinya dan mampu memberi warna dan aroma yang sedap bagi lingkunganmu.

0 comments:

Post a Comment