Pikirkanlah Sebelum Kamu Mengeluh

Hari ini sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu, pikirkanlah tentang orang-orang yang tidak punya apa-apa untuk dimakan.

Sebelumm kamu mengeluh tidak punya apa-apa, pikirkanlah tentang orang-orang yang harus meminta-minta di jalanan.

Sebelum kamu mengeluh bahwa kamu buruk, pikirkanlah tentang orang-orang yang berada ditingkat yang terburuk dalam hidupnya.

Sebelum kamu mengeluh tentang pasanganmu, pikirkanlah tentang orang-orang yang memohon kepada Allah untuk diberikan teman hidup.

Sebelum kamu mengeluh tentang nasib hidupmu, pikirkanlah tentang orang-orang yang meninggal terlalu cepat.

Sebelum kamu mengeluh tentang anak-anakmu, pikirkanlah tentang orang-orang yang sangat ingin mempunyai anak, tetapi dirinya mandul.

Sebelum kamu mengeluh tentang rumahmu yang kotor karena pembantumu lalai, pikirkanlah tentang orang-orang yang tinggal di jalanan dengan apa adanya.

 Sebelum kamu mengeluh jauhnya kamu menyetir, pikirkanlah tentang orang-orang yang menempuh jarak yang saama dengan kamu dengan berjalan kaki.

Dan, disaat kamu lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu, pikirkanlah tentang orang-orang yang yang menganggur serta orang-orang cacat yang mencari pekerjaan seertimu.

Sebelum kamu menunjukan jari telunjukmu untuk menyalahkan orang lain, pikirkanah berapa kali kamu berbuat salah kepada orang lain.

Jika kamu mampu untuk berpikir dahulu sebelum kamu mengeluh, maka ketika kamu sedang bersedih dan hidupmu dalam kesusahan. Kamu masih bisa bersyukur kepada Allah bahwa kamu masih diberi kesempatan untuk hidup dan memperbaiki semuanya sebelum kematian menjemput.

0 comments:

Post a Comment